Academic Exploration (ACTION) yang diselenggarakan oleh English Students’ Association (ESA) UPI Bandung merupakan salah satu alur program kaderisasi ESA bagi para mahasiswa baru (Maru). September 2017 merupakan giliran para Maru angkatan 2017 yang menjalani alur yang bertujuan untuk memperkenalkan kurikulum dan prospek kerja bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Dalam sesi penjelasan prospek karir lulusan bahasa Inggris, beberapa alumni dihubungi langsung oleh panitia untuk berbagi pengalaman dengan para Maru. Dalam sesi kali ini yang hadir adalah Adinda, Hagi, Dossy, Ica, dan Ijey. Dossy mempresentasikan berbagai uraian inspiratif mulai dari kegiatan A Day with Alumni, daftar contoh alumni yang tersebar dan bekerja di beragam industri, hingga video Peter Dinklage yang sangat powerful. Ya, benar, Peter Dinklage yang itu.

Unduh presentasinya di sini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi Q&A, dan inilah tiga pertanyaan yang didapatkan ketika itu:

  • Ketika di dunia perkuliahan, akang teteh mengikuti hima dan ukm, juga studi. Bagaimana mengatur waku, tips, dan cara melakukannya?
  • Bagaimana mendapatkan modal untuk memulai kewirausahaan ketika kuliah?
  • Bagaimana memulai karir di awal ketika sudah lulus?

Ada alumni yang mau menjawab? 🙂

Acara berjalan dengan lancar dan semua senang. Setelah acara, kami meminta para Maru untuk memberikan pesan dan kesan atas sesi alumni yang sudah terlaksana. Nah, untuk memberikan gambaran bagaimana peran para alumni bahasa Inggris yang awesome bisa sangat berarti bagi orang lain terutama mahasiswa aktif, berikut sajian pesan kesan dari beberapa Maru yang bersedia memberikan pesan dan kesannya (Seluruh testimoni Maru tidak kami tambah/kurangi, kami hanya mengedit typo dan tata bahasa saja):

Pesan dan Kesan peserta ACTION ESA

 

No. Pesan dan Kesan
1 Baik Sekali! Sangat memotivasi untuk lebih bekerja keras.
2 Kesan: Sangat menginspirasi dan memotivasi. Setiap detiknya membuat saya kagum dan berpikir bahwa jika mereka bisa saya juga bisa!

Pesan: Saya ingin bertemu dengan alumni yang berkarir di bidang menulis fiksi.

3 Terima kasih kepada akang teteh alumni karena sudah memberikan motivasi sekaligus tips untuk kita para Maru yang masih less-informed tentang dunia perkuliahan maupun dunia kerja.
4 Kesan: Seru dan sangat termotivasi.

Pesan: Pesannya bingung.

5 Lumayan seru! I was also pretty motivated pas ngeliat alumni-alumni sekarang sedang melakukan hal-hal yang mereka minati, and also when they showed that video of Peter Dinklage. I hope alumni and students bisa jadi lebih solid ke depannya! =))
6 Saya bisa mengambil banyak hal dari para alumni seperti pengalaman mengenai lapangan kerja nanti, dsb.
7 This activity is a success. Keep up the good work! Keep doing better!
8 The talk with alumni was great. It opened opportunities widely and also helped with my confusion about career prospects. So, thank you!
9 Sangat memotivasi untuk mengikuti jejak karier dan kesuksesan di masa depan.
10 Kesan: Cukup menyenangkan dan tidak boring.

 

Pesan: Semoga lebih banyak lagi ilmu dan pengalaman yang bisa dibagi.

11 They are so great! Memang aku yang masih drop dari semangat yang jauh dari sebelumnya, dan mereka membantu membangkitkan semangat untuk meraih prestasi. Karena aku ingin menjadi salah satu orang hebat yang termotivasi dari kakak-kakak alumni. Pray for me and Thank You!
12 This is a one fun activity. I got many lessons just by listening to what successful people have said. They encourage me to try harder, try better, and try to push my own limit. I want to see my true strength. Keep up the good work!!
13 Kesan: Buat saya sangat menginspirasi, membantu saya semakin percaya bahwa kesempatan itu sama dan ada untuk semua orang.

Pesan: Semoga kedepannya acaranya makin seru.

14 Kesan: Lebih membuka wawasan tentang prospek kerja dan kehidupan perkuliahan. Sangat menginspirasi saya untuk bisa mulai memikirkan dream job in the future saya yang awalnya masih sangat belum mempunyai banyak gambaran. Thank you!
15 Acaranya menarik, menambah wawasan, dan yang benar-benar membuat acaranya berkesan saat alumni menceritakan, menjelaskan, dan berbagi pengalaman saat mereka berkuliah dan juga memberikan tips pada kami.
16 Nambah pengetahuan tentang dunia pekerjaan dan nambah motivasi juga kalau lulusan B. Inggris itu bisa kerja dan jadi apa aja sesuai passion masing-masing. Intinya rame, tapi akunya ngantuk 🙁
17 Kesan: Sangat menginspirasi sekali untuk hari ini!

 

Pesan: Semoga bisa lebih menginspirasi banyak orang dan sukses terus!

18 Kesan: Keren, inspiratif banget, jadi ngebuka pikiran juga, terutama tentang pekerjaan.

Pesan: Tulisan di Power Point-nya nggak kelihatan. Overall, keren kok!

19 One word only, Epic!

It was one epic afternoon with the lecturers and alumni. A great opportunity to realize where we actually are.

P.S. Please add more things like this!

20 Kesan: Seneng banget bisa denger cerita-cerita alumni yang sekarang udah sukses. Cerita tentang masa kuliah mereka bisa memotivasi diri banget untuk giat di perkuliahan, aktif dalam segala kegiatan. Dan meyakinkan banget kalo peluang kerja itu banyak.

 

Pesan: Mungkin bisa lebih banyak lagi alumni yang dateng dan cerita tentang pengalamannya.

21 Kesan: Bagus banget presentasinya, jadi kita sebagai Maru tahu bagaimana kita ke depannya ingin menjadi apa. Sangat memotivasi saya untuk menetapkan impian saya.

 

Pesan: Tetap sukses Kak, Teh!

22 Kesannya, sangat banyak senang sekali bisa bertemu dengan kakak-kakak sekaligus bisa mendengar banyak pengalaman dari kalian semua, dan itu semua membuat saya termotivasi untuk menjalani kuliah ini. Kalian bisa sangat menginspirasi saya untuk ke depannya.

 

Pesannya, semoga sukses dan semangat untuk menjalani hidup yang sebenarnya. Kalian adalah alumni hebat yang bisa menginspirasi saya.

23 Mendapat materi yang membuat kami termotivasi agar berprestasi dan mendapatkan pekerjaan yang baik seperti alumni.
24 Terima kasih akang dan teteh yang sudah menyempatkan watunya untuk berbagi pengalaman, memberi banyak informasi yang berguna dan memotivasi kami sebagai Maru yang masih buta akan kejamnya dunia kerja, memberi kami harapan untuk selalu belajar dengan giat, bersosialisasi dengan banyak komunitas, dan membangun bakat kami agar bisa menjadi sukses.
25 Akang teteh alumni LUAR BIASA!!

Bisa membuktikan ke semua orang kalau lulusan Bahasa Inggris tuh bisa menjadi manusia yang berguna. Doakan kami biar bisa lulus kuliah terus jadi berguna juga. Ahay!

26 Experiences dari para alumni benar-benar sangat bermanfaat bagi saya. Kata-kata para alumni bisa meyakinkan saya bahwa lulusan sastra Inggris mempunyai banyak peluang kerja. Semoga ikatan alumni bahasa Inggris ini dapat tetap solid agar bisa membantu adik-adik tingkatnya dalam berjuang di prodi bahasa inggris.
27 Your experiences make me see something about my future and I think I know how to start my career. It’s great to meet you guys. Thank you for telling us your experiences and your plans.
28 Terima kasih untuk akang, teteh alumni. Sangat memotivasi sekali dan memacu semangat untuk lulus dan sukses. Semoga kedepannya banyak lulusan UPI yang sukses seperti akang teteh.
29 Sangat membantu. Jadi memperjelas lagi prospek kerja setelah lulus gimana, dan menginspirasi.
30 Terima kasih akang dan teteh sudah meluangkan waktu untuk kami. Menurut saya sangat menginspirasi karena jujur saja saya sampai sekarang masih merasa malas untuk melakukan apa-apa dan masing bingung. Tapi, setelah bertemu dan mendengarkan kakak-kakak alumni saya jadi berpikir kalau memang semuanya harus dipikirkan dari sekarang dan saya jadi lebih termotivasi.

 

Oh iya (sedikit out of context) saya kagum karena melihat Kang Meizar ikutin dress manner. Menurut saya itu keren dan memperhatikan detail. Sekali lagi, terima kasih akang dan teteh dan semoga sukses selalu!

31 Terima kasih atas pengetahuan, pengalaman dan menjadi inspirator untuk saya pribadi. Semoga kakak-kakak tetap menjadi alumni yang luar biasa sampai ketika saya lulus juga dan menjadi orang, saya bisa duduk di samping kakak-kakak tadi.

 

Semoga sehat! Semgoga sukses! Semoga menjadi inspirasi!

TERIMA KASIH!!

32 Thanks a lot for today’s experience. Sangat berkesan sekali dan memotivasi para mahasiswa/i baru yang masih bingung untuk jalan ke depannya. Dikasih pencerahan juga kalau ditanya cita-cita setelah masuk kuliah jurusan Basa dan Sastra Inggris.

 

Sukses untuk Akang dan Teteh ke depannya. Semoga kami, khususnya saya, bisa menyusul kesuksesan akang-teteh kedepannya.

 

From: Maru Bahasa & Sastra 2017 yang masih bingung mengenai masa depan.

 

Good luck, you guys!