A Day with Alumni (ADwA), acara yang lahir dari obrolan beberapa alumni Bahasa Inggris UPI di McDonald’s Plaza Festival Kuningan, melibatkan tim yang terpisah secara geografis; Tim Jakarta dan Tim Bandung, melewati perjalanan bagaikan roller coaster yang dilalui bersama.

Acara yang jauh dari sempurna itu akhirnya telah terlaksana.

A Day with Alumni dirancang dengan tujuan membangun silang rasa antar alumni secara personal maupun profesional, dan membangun koneksi langsung dan berkelanjutan antar alumni dan mahasiswa melalui sesi berbagi pengalaman.

Kali ini, saya ingin menyajikan hal-hal kunci yang terjadi di acara yang dilaksanakan pada 29 April 2017 tersebut, terutama bagi para mahasiswa atau alumni yang tidak sempat hadir.

1. Dukungan Positif Departemen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI dan FPBS

Meskipun ADwA diadakan betepatan dengan long weekend, beberapa perwakilan dari Departemen Pendidikan Bahasa Inggris dan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra menyempatkan hadir di tengah kesibukkan mereka. Hadir Bu Safrina (Kepala Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UPI), Bu Nia Nafisah (dosen Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UPI), Pak Abu (Sekertaris Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UPI), Pak Didi (dosen Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UPI), Pak Suharno (dosen Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UPI) dan Pak Pupung (Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Wakil Dekan III FPBS – Kemahasiswaan).

Pak Wawan (Kepala Prodi Sastra Inggris), Pak Iwa (dosen Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UPI), dan Pak Sudarsono (dosen Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UPI terlihat datang meyusul di tengah acara.

Pihak Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UPI dan FPBS UPI dalam sambutannya mengapresiasi acara ADwA dan melihat prospek yang positif dari acara tersebut. ADwA juga diharapkan dapat menjadi tolok ukur bagi alumni dari jurusan dana tau fakultas lain untuk melakukan acara yang serupa malah dalam skala yang lebih besar.

2. Bantuan dari Alumni untuk Mahasiswa

Setiap uang pendaftaran acara ADwA disisihkan untuk dana bantuan bagi mahasiswa yang membutuhkan. Dana yang terkumpul adalah Rp. 4,000,000 dan dibagikan kepada empat orang mahasiswa (Rp 1,000,000/orang) untuk penunjang perkuliahan mereka.

Mahasiswa penerima bantuan dipilih berdasarkan data UKT dari Divisi Advokasi English Students’ Association (ESA) dengan kriteria jumlah UKT yang rendah dan tidak sedang menerima bantuan/beasiswa apapun e.g. Bidikmisi, beasiswa swasta, dll.

Selanjutnya, para penerima bantuan akan mempertanggungjawabkan penggunaan bantuan dari alumni melalui peaporan yang jelas yang juga akan diterbitkan secara transparan dan bertanggungjawab oleh panitia ADwA sehingga dapat diakses oleh siapapun.

3. Peluncuran englishupialumni.id

ADwA juga merupakan acara peluncuran website englishupialumni.id yang diharapkan dapat menjadi platform terintegrasi pertama bagi dosen, mahasiswa, dan alumni dalam berbagi informasi yang positif, informatif maupun inspiratif.

4. Antusiasme Alumni dengan Alumni

Alumni memanfaatkan acara ADwA sebagai ajang untuk kembali membangun koneksi dan bertukar cerita antar mereka. Yang sangat menarik adalah alumni dapat berinteraksi lintas generasi, tanpa melihat siapa teman siapa, siapa geng siapa, siapa circle siapa, dan sebagainya. They mingled along the event.

5. Antusiasme Mahasiswa dengan Alumni

Penerima manfaat lainnya dari ADwA adalah para mahasiswa aktif yang ternyata merasa haus akan berbagai informasi baik itu mengenai perkuliahan hingga kehidupan setelah kuliah. Antusiasme para mahasiswa sangat sangat sangat luar biasa dalam menggali informasi dari setiap alumni yang hadir.

Berikut beberapa testimony dari mahasiswa yang diterima:

What’s Next?

Fase terpenting adalah setelah acara. Akankah modal awal yang terbangun dengan baik melalui ADwA menguap begitu saja, atau dicari berbagai aspek yang dapat diperbaiki dan dikembangkan secara berkelanjutan. Jawabannya, terserah saya dan Anda; terserah kita semua.

Selanjutnya, fokus kegiatan yang dapat dilakukan secara berkelanjutan adalah:

  • Meningkatkan awareness akan dan melebarkan jangkauan englishupialumni.id
  • Mengembangkan konten englishupialumni.id yang bermanfaat bagi dosen, alumni, dan mahasiswa
  • Merencanakan rangkaian aktivitas strategis antar alumni dan Departemen

Ketika semangat ini dapat menyentuh alumni yang tidak tersentuh generasi Z untuk ikut berkontribusi dan berpartisipasi secara terus menerus dalam berbagai kegiatan di masa depan, saya sangat yakin akan lebih banyak mahasiswa dan sesama alumni yang dapat merasakan manfaatnya.

Sampai jumpa lagi semua, terima kasih banyak tim, dan semua pihak yang telah mendukung inisiatif ini.