Hello my friend, we meet again!

Kami ingin melaporkan beberapa hal yang sangat penting. Penting, karena tulisan ini akan bercerita mengenai empati, kasih sayang, dan tanggung jawab. Bukan, bukan uang.

Seperti yang telah diketahui, di acara A Day with Alumni (ADwA)yang dilaksanakan bulan April 2017 lalu, terdapat penyerahan bantuan alumni kepada empat mahasiswa sebesar Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah). Disebutkan di dalam tulisan ini, para penerima bantuan akan mempertanggungjawabkan penggunaan bantuan dari alumni melalui pelaporan yang jelas yang juga akan diterbitkan secara transparan dan bertanggungjawab oleh panitia ADwA sehingga dapat diakses oleh siapapun. And, today is the day.

Keempat penerima bantuan tersebut adalah Ninna, Yoana, Nurajijah, dan Emalisa. Para mahasiswi terpilih yang memiliki semangat dan impian tinggi ini ingin menyampaikan beberapa hal kepada para alumni yang telah mau berbaik hati membantu mereka.

1. Ninna

Ninna

“Saya merasa sangat berterima kasih atas bantuan alumni. Papa saya sakit sehingga tidak bisa bekerja dan saya sendiri pun tidak begitu tahu mama saya bekerja sebagai apa (orang tua saya sudah bercerai). Untuk kuliah dan hidup dibantu oleh yayasan sekolah saya dan gereja hingga orang tua saya tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Jujur saya sangat berterimakasih atas semua bantuan yang saya terima walau jumlahnya terbatas. Saya cukup bahagia dengan gaya hidup yang sederhana dan saya percaya Tuhan selalu mencukupi. Namun, terkadang saya khawatir ketika tiba saatnya membayar uang kost dikarenakan jumlahnya lumayan besar.

[…]ketika diberitahukan saya mendapat bantuan dari alumni, saya merasa kaget dan tidak tahu harus merasakan apa. Saya merasa sangat tertolong dengan tambahan dari bantuan alumni untuk membayar uang kost.

Menjadi seorang guru sudah menjadi impian dan panggilan saya. Ketika saya lulus SMA, papa selalu berpendapat kalau saya tidak akan pernah kuliah dan bekerja saja di bidang yang saya tidak sukai. Kedengarannya kekanak-kanakan. Namun, sebagai seseorang yang sudah mengetahui tujuan hidup dan impiannya, saya merasakan kewajiban untuk meraih mimpi saya.

Saya tahu Yoana yang juga menerima bantuan dan saya harap dia bisa tersenyum seperti saya juga tersenyum. Terma kasih karena telah menjadi berkat bagi kami. Terima kasih banyak.” (unduh laporan lengkap Ninna)

Sungguh sebuah kehormatan bagi kami, para alumni, bisa bertemu dengan Ninna. Teruslah berjuang, jangan peduli apa kata orang, bertemanlah dengan orang-orang baik, buatlah kesempatan, dan kamu akan menjadi orang baik yang kamu impikan.

2. Yoana

Yoana

“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan dari alumni, karena saya sedang sangat membutuhkan bantuan dana untuk pengobatan sakit jantung saya yang memakan biaya yang tidak sedikit serta harus rutin setiap saat. Maka dari itu saya ucapkan terima kasih pada alumni atas bantuannya, semoga kebaikannya dapat dibalas di kemudian hari dengan yang lebih baik.” (unduh laporan lengkap Yoana)

Yoana, doa kami semua menyertaimu. Lekas sembuh, ya! ☺

3. Nurajijah

Nurajijah

“Intinya saya merasa terbantu dengan adanya bantuan dari kakak-kakak semua, saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuannya. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi saya untuk membeli perlengkapan atau kebutuhan yang sedang saya perlukan. Semoga kakak-kakak semua dilancarkan dalam segala hal. Amin.” (unduh laporan lengkap Nurajijah)

Semoga perlengkapan itu bisa menunjang perkuliahan kamu ya, Nurajijah!

4. EmalisaEmalisa

“[…]Pertama-tama saya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena dengan rahmat-Nyalah saya bisa mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka  ini. Yang kedua, saya sangat berterima kasih kepada para alumni bahasa Inggris UPI yang telah menyelenggarakan acara ini dan memberikan charity ini kepada saya. […] saya tidak ada firasat sama sekali jika saya akan mendapatkan charity. Setiap solat saya selalu berdoa semoga saya mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka datangnya, dan Alhamdulillah Allah mengabulkan doa saya lewat para alumni ini.

Charity ini sangat membantu saya untuk meringankan beban orang tua, karena belakangan ini keluarga saya banyak sekali menerima musibah, dan sangat membutuhkan uang untuk keperluan kuliah saya, tetapi Alhamdulillah lewat charity ini beban orang tua saya sedikit lebih ringan. Bantuan yang akang teteh berikan ini langsung saya bayarkan untuk DP kostan, karena kebetulan kostan saya sudah habis waktunya.

Sekali lagi, saya beserta kedua orang tua saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para alumni bahasa Inggris UPI yang telah memberikan bantuin ini. Semoga amal yang akang, teteh berikan diganti oleh Allah dengan yang lebih baik lagi. Semoga akang, teteh diberikan kesehatan dan sukses selalu dalam menjalankan karirnya. Aamiin.” (unduh laporan lengkap Emalisa)

Terima kasih atas doanya, Emalisa. Semoga rezeki kamu dan orang tua kamu semakin dilancarkan juga. Amin!

PENUTUP

Laporan bantuan alumni ini sengaja dibuat sebagai upaya para panitia dan penerima bantuan menerapkan asas transparansi dan akuntabilitas kepada para pemangku kepentingan. Hal ini juga melatih untuk terus menjadi pribadi yang bertanggungjawab terhadap amanah yang dipercayakan kepada kami.

Let’s not stop here. Mari kita sama-sama berkomitmen untuk terus berbuat hal-hal kecil positif semacam ini dan berharap bisa memberikan kebaikan yang signifikan bagi hidup kita dan orang lain. Sekecil apapun kontribusi kita, baik menulis sebuah artikel, menyumbang uang, hingga berdiskusi santai dengan para mahasiswa, dosen dan sesama alumni, yakinlah bahwa itu semua merupakan investasi yang baik bagi kita semua di masa depan.